Sabtu, 30 November 2013

Dua Puluh Tahun

Dua Puluh Tahun, tepatnya 09 April 2013 lalu. Bulan di mana saya selalu merasa nervous akan setiap perubahan yang terjadi dalam hidup saya. Tapi selama bertahun-tahun, sembilan April yang lalu bisa jadi sebagai waktu yang membuat saya merasakan puncak gugup yang luar biasa dalam hidup saya. I’m officially 20. Saya ingat malam 35 menit sebelum jarum panjang jam mengarah ke angka tepat di angka 12. Saya menangis. Refleksi 20 tahun waktu yang saya jalani selama hidup ternyata masih belum mampu membuat kedua orang tua saya bangga. Belum ada prestasi gemilang yang bisa dengan sangat bangga saya ceritakan pada Ibu atau Bapak, yang kemudian mengemasnya dan menceritakan kembali kepada teman-teman mereka saat reuni sebagai bentuk kebanggaan mereka terhadap anaknya. Dulu saya pernah sekali-kali berkhayal menjadi pelajar yang memenangkan perlombaan  tingkat nasional, bahkan saya pernah mengikuti beberapa perlombaan dan itupun hasilnya kurang memuaskan :) kuliah di Perguruan Tinggi  Negri ternama di Indonesia dan dengan jurusan yang saya inginkan. Apapun itu, tetapi seiring bertambahnya umur, saya semakin cukup dewasa untuk mendefinisikan kata “bangga” yang sebenarnya ingin saya lekatkan pada orang tua saya. Bangga di umur 20 tahun ini bukan lagi sebagai penyandang best student dengan meraih IPk cumlaude, bukan juga sebagai penerima beasiswa dari perusahaan bergengsi di dunia. Tapi bangga ketika saya bisa berbagi (setidaknya) sepuluh persen waktu, tenaga, dan pikiran yang saya miliki untuk orang lain yang membutuhkan. Social responsibility. 

Saya kadang merasa iri melihat teman-teman yang bisa begitu  commit untuk terus membantu dan menjadi bagian dari masyarakat golongan tertentu yang membutuhkan. Kalau kata orang banyak, better say too late than doing nothing. Dan kalau kata teman saya, jangan menunggu sampai kamu menjadi ‘orang’ untuk berbagi, lakukan dari sekarang. Perlakuannya mungkin bisa saja kecil, tetapi yang paling penting sustainable. Dan inilah yang pelan-pelan akan coba saya lakukan mulai tahun ini. Tahun 2013 adalah tahun semangat saya untuk bisa memberikan aksi konkrit kepada mereka yang membutuhkan :)

1 komentar:

  1. gue juga ah mau berbagi di usia belia gue ditahun 2014 tapinya :v

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar disini